FM.MONEV-01
|
FM.MONEV-01
INSTRUMEN MONITORING DAN
EVALUASI
|
||
KONDISI
UMUM
PENYELENGGARAAN PROGRAM STUDI
DI LUAR DOMISILI
PERSIAPAN PENDIRIAN AKADEMI
KOMUNITAS
TAHUN 2014
|
|||
Interview dengan Pengelola Prodidi Akademi Komunitas
|
|||
|
|||
Nama PDD
|
|
||
Alamat PDD
|
|
||
Program Studi
|
|
||
Tanggal Monev
|
|
||
Reviewee
|
1. KPS:
|
||
|
2. Lab/Bengkel:
|
||
Nama Lab/Bengkel
|
Ketua Lab/Bengkel
|
Laboran/Teknisi
|
|
|
|
1.
2.
|
|
|
|
1.
2.
|
|
|
|
1.
2.
|
|
|
|
1.
2.
|
|
3. Kel. Pengajar
|
|||
Nama Kel. Pengajar
|
Ketua Kel. Pengajar
|
Anggota
|
|
|
|
1.
2.
|
|
|
|
1.
2.
|
|
|
|
1.
2.
|
|
|
|
1.
2.
|
|
1.1 Sistim Tata Pamong
|
Uraikan secara ringkas:
1.
Struktur Organisasi beserta
Uraian tugas dan tanggung jawab
·
Struktur Organisasi
·
Uraian tugas dan tanggung jawab
|
||
2.
Budaya organisasi:
·
tatacara pemilihan pengelola
prodi,
·
sistem penghargaan dan sanksi
·
pedoman dan prosedur pelayanan
|
|||
1.2 Kepemimpinan
|
Jelaskan pola kepemimpinan dalam program studi,
mencakup informasi tentang kepemimpinan operasional, dan kepemimpinan
organisasi.
|
||
|
|||
1.3 Sistem
Pengelolaan
|
Jelaskan sistem pengelolaan program studi serta dokumen
pendukungnya
|
||
·
Input
(VISI, MISI, SWOT)
·
Proses
-
Perencanaan
(Rencana Jangka panjang, Rencana Jangka Pendek, Rencana Operasional)
-
Pelaksanaan
-
Pengawasan
·
Output,
dan
·
Outcome
|
|||
1.4
Penjaminan Mutu
|
Jelaskan penjaminan mutu pada program studi yang
mencakup informasi tentang kebijakan, sistem dokumentasi, dan tindak lanjut
atas laporan pelaksanaannya, sertakan dokumen pendukungnya.
|
||
|
|||
1.5 Umpan
Balik
|
Apakah program studi telah melakukan kajian tentang
proses pembelajaran melalui umpan balik dari dosen, mahasiswa, alumni, dan
pengguna lulusan mengenai harapan dan persepsi mereka? Jika Ya, jelaskan isi umpan balik dan
tindak lanjutnya, serta dokumen pendukungnya.
|
||
|
|||
1.6 Keberlanjutan
|
Jelaskan upaya untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) program studi ini
berikut hasilnya, serta dokumen pendukungnya, khususnya dalam hal:
|
||
a.
Upaya untuk
peningkatan animo calon mahasiswa:
b.
Upaya peningkatan mutu
manajemen:
c.
Upaya untuk
peningkatan mutu lulusan:
d.
Upaya untuk pelaksanaan
dan hasil kerjasama kemitraan:
e.
Upaya dan prestasi
memperoleh dana selain dari mahasiswa:
|
|||
1.7 Sistem Pengelolaan SDM
|
Jelaskan sistem penugasan, pengembangan, retensi, dan
pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan untuk menjamin mutu penyelenggaraan
program akademik (termasuk informasi tentang ketersediaan pedoman tertulis).
|
||
|
|||
1.8 Monitoring dan Evaluasi SDM
|
Jelaskan sistem monitoring dan evaluasi, serta rekam
jejak kinerja akademik dosen dan kinerja tenaga kependidikan(termasuk tentang
ketersediaan pedoman tertulis dan dokumen pendukungnya).
|
||
|
|||
1.9 Dosen Tetap
|
Dosen tetap adalah dosen yang diangkat dan ditempatkan
sebagai tenaga tetap pada PT yang bersangkutandalam bidang yang relevan
dengan keahlian bidang studinya. Seorang dosen hanya dapat menjadi dosen
tetap pada satu perguruan tinggi, dan mempunyai penugasan kerja minimum 36
jam/minggu.
Dosen tetap dipilah dalam 2 kelompok, yaitu:
1. dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS
2. dosen tetap yang bidang keahliannya di luar PS
(poin 1 dan 2 format tabel 1.9.1
dan 1.9.2 terlampir)
1. Data dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan
bidang PS
(Tabel 1.9.1 terlampir)
2. Data dosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang PS(Tabel 1.9.2 terlampir)
3. Aktivitas dosen tetap yang bidang bidang keahliannya sesuai dengan PS dinyatakan dalam SKS
rata-rata per semester pada satu tahun akademik terakhir, diisi
dengan perhitungan sesuai SK Dirjen DIKTI no. 48 tahun 1983 (12 SKS setara
dengan 36 jam kerja per minggu) (Tabel 1.9.3 terlampir)
4. Tuliskan data aktivitas
mengajar dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS, dalam satu tahun akademik
terakhir di PS ini dengan mengikuti format tabel berikut(Tabel 1.9.4 terlampir)
5. Tuliskan data aktivitas
mengajar dosen tetap yang bidang keahliannya di luar PS, dalam satu tahun akademik terakhir di PS
ini dengan mengikuti format tabel berikut(Tabel 1.9.5 terlampir)
|
||
1.10 Dosen Tidak Tetap
|
Tuliskan data dosen tidak tetap pada PS dengan
mengikuti format tabel 1.10. 1 terlampir.
Tuliskan data aktivitas mengajar dosen tidak tetap pada
satu tahun terakhir di PS ini dengan mengikuti format tabel 1.10.2
terlampir.
|
||
1.11 Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)
dalam Dua (2) Tahun Terakhir
|
1.
Tuliskan kegiatan tenaga ahli/pakar sebagai pembicara dalam
seminar/
pelatihan, pembicara
tamu, dsb, dari luar PT sendiri (tidak termasuk dosen tidak tetap), isikan
pada tabel 1.11.1 terlampir.
2. Sebutkan pencapaian prestasi/reputasi dosen (misalnya
prestasi dalam pendidikan, penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada
masyarakat).
Isikan pada tabel 1.11.2 terlampir.
3. Sebutkan keikutsertaan dosen dalam organisasi keilmuan
atau organisasi profesi.Isikan pada tabel 1.11.3 terlampir.
|
||
1.12 Tenaga kependidikan
|
1. Tuliskan data tenaga kependidikan yang ada di PS yang melayani mahasiswa PS
dengan mengikuti format tabel 1.12.1terlampir
2. Jelaskan
upaya yang telah dilakukan PS dalam meningkatkan kualifikasi dan kompetensi
tenaga kependidikan.
|
||
1.13
Profil
Mahasiswa dan Lulusan
|
1. Tuliskan data seluruhmahasiswa reguler(1)
dan lulusannya dalam tiga tahun terakhir dengan mengikuti
format tabel 1.13.1 terlampir.
2. Sebutkan pencapaian prestasi/reputasi mahasiswa dalam tiga
tahun terakhir di bidang akademik dan non-akademik (misalnya prestasi dalam
penelitian dan lomba karya ilmiah, olahraga, dan seni), dengan mengikuti format tabel 1.13.2 terlampir.
3. Tuliskan
data jumlah mahasiswa reguler tiga tahun terakhir dengan mengikuti format
tabel 1.13.3terlampir
|
||
1.14
Layanan kepada
Mahasiswa
|
Lengkapilah tabel
berikut untuk setiap jenis pelayanan kepada mahasiswa PS (tabel 1.14 terlampir)
|
||
1.15
Usaha-usaha
program studi mencarikan tempat kerja bagi lulusannya.
|
1.
Jelaskan usaha-usaha program studi/jurusan
mencarikan tempat kerja bagi lulusannya dalam hal: seperti pada Tabel 1.15 terlampir
|
||
1.16
Evaluasi Lulusan
|
1.
Evaluasi
kinerja lulusan oleh pihak pengguna lulusan
Adakah
studi pelacakan (tracer study)
untuk mendapatkan hasil evaluasi kinerja lulusan dengan pihak pengguna?
tidak ada
ada
Jika ada,
uraikan metode, proses dan mekanisme kegiatan studi pelacakan tersebut, serta sajikan dokumen pendukungnya. Jelaskan pula bentuk tindak lanjut dari
hasil kegiatan ini, misalnya dalam hal: proses pembelajaran, penggalangan
dana, informasi pekerjaan, dan membangun jejaring.
Hasil
studi pelacakan dirangkum dalam tabel berikut:
Nyatakan
angka persentasenya(*) pada kolom yang
sesuai pada tabel 1.16.1terlampir.
2.
Jelaskan keahlian/kemampuan yang merupakan
keunggulan lulusan program studi ini.
3.
Rata-rata waktu tunggu lulusan
lima tahun terakhir untuk memperoleh pekerjaan yang pertama = … bulan. Jelaskan bagaimana data ini diperoleh.
4.
Persentase lulusan lima tahun
terakhir yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya = …%. Jelaskan bagaimana data ini diperoleh.
5. Sebutkan
lembaga (instansi/industri) yang memesan lulusan untuk bekerja di
lembaga tersebut dalam tiga tahun terakhir (isikan pada tabel 1.16.5 terlampir)
|
||
1.17
Pelaksanaan
Proses Pembelajaran
|
1. Jelaskan mekanisme untuk
memonitor perkuliahan, antara lain kehadiran dosen dan mahasiswa, materi
perkuliahan, serta
dokumen pendukungnya.
2. Berapa
waktu yang disediakan untuk pelaksanaan real proses belajar mengajar yang
diselenggarakan oleh program studi :
Teori: ……… jam per paket program
Praktek: ……… jam per paket program
Praktikum: ……… jam per paket program
Praktek Kerja Lapangan: ……… hari per paket program
Catatan: satu paket program DII = 2 tahun,
3. Lampirkan contoh soal ujian
dalam 1 tahun terakhir untuk 5 mata kuliah keahlian berikut silabusnya
|
||
1.18
Peninjauan
kurikulum dalam 3 tahun terakhir
|
1.
Jelaskan
mekanisme peninjauan kurikulum dan pihak-pihak yang dilibatkan dalam proses
peninjauan tersebut.
2.
Tuliskan
hasil peninjauan, khusus untuk silabus/SAP mata kuliah mengikuti format tabel
1.18
|
||
1.19
Sistem
Pembimbingan Akademik
|
1. Tuliskan nama dosen pembimbing akademik /wali dan
jumlah mahasiswa yang dibimbingnya dengan mengikuti format tabel 1.19.1
terlampir
2. Jelaskan proses pembimbingan akademik yang diterapkan pada Program Studi ini
dalam hal-hal berikutdengan mengikuti
format tabel 1.19.2 terlampir
|
||
1.20
Karya/tugas Akhir
|
1.
Jelaskan bentuk karya/tugas
akhir mahasiswa program diploma
2.
Pelaksanaan
pembimbingan karya/tugas akhir:
a.
Jelaskan
bentuk dan pelaksanaan pembimbingan karya/tugas akhir yang diterapkan pada PS
ini, termasuk informasi tentang ketersediaan panduan karya/tugas akhir. Jelaskan pula cara sosialisasi dan
pelaksanaannya.
b.
Rata-rata
banyaknya mahasiswa per dosen pembimbing karya/tugas akhir (TA) …….
mahasiswa/dosen TA
c.
Rata-rata jumlah pertemuan
dosen-mahasiswa untuk menyelesaikan karya/tugas akhir : .... kali mulai
dari saat mengambil TA hingga menyelesaikan TA
d.
Tuliskan nama-nama dosen yang
menjadi pembimbing karya/tugas akhir, dan jumlah mahasiswa bimbingannya dengan mengikuti format tabel 1.20 terlampir
|
||
1.21
Upaya Perbaikan Pembelajaran
|
Uraikan
upaya perbaikan pembelajaran serta hasil yang telah dilakukan dan
dicapai dalam dua tahun terakhir dan hasilnya (Format tabel 1,21
terlampir)
|
||
1.22
Pembekalan
Etika Profesi
|
Apakah lulusan program studi
ini dibekali dengan etika profesi sebelum mereka lulus ? [Ya / Tidak]. Coret yang tidak sesuai.
Bila Ya, jelaskan bentuk
pembekalan tersebut :
|
||
(Rekomendasi
(diisi oleh Tim Reviewer):
|
|
|
Malang, 13Agustus
2014
|
|
|
|
Ketua Tim Pengelola PDD
|
Reviewer 1
|
Reviewer 2
|
|
|
|
Siswoko
|
Heru
|
Kasijanto
|
LAMPIRAN
: SUMBER DAYA MANUSIA
1.9.1 Datadosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan bidang
PS:
No.
|
Nama Dosen Tetap(a)
|
NIDN(b)
|
Tgl. Lahir
|
Jabatan Akademik
|
Sertifikat Dosen (Beri Tanda Ö Jika Memiliki)
|
Pendidikan(c)
D4, S1, S2, S3; Bidang; Asal PT atau Keahlian Praktis(d)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(a) Dosen yang telah
memperoleh sertifikat kompetensi/profesi agar diberi tanda (*) dan fotokopi
sertifikatnya agar dilampirkan.
(b) NIDN : Nomor Induk
Dosen Nasional
(c) Lampirkan fotokopi
ijazah.
(d) Melalui sertifikasi
atau keahlian yang diakui secara luas oleh masyarakat.
1.9.2 Datadosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang PS:
No.
|
Nama Dosen Tetap(a)
|
NIDN(b)
|
Tgl. Lahir
|
Jabatan Akademik
|
Sertifikat Dosen (beri tanda Ö jika memiliki)
|
Pendidikan(c)
D4, S1, S2, S3; Bidang; Asal PT atau Keahlian Praktis(d)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(a) Dosen yang telah memperoleh
sertifikat kompetensi/profesi agar diberi tanda (*) dan fotokopi sertifikatnya
agar dilampirkan.
(b) NIDN : Nomor Induk
Dosen Nasional
(c) Lampirkan fotokopi
ijazah.
(d) Melalui sertifikasi
atau keahlian yang diakui secara luas oleh masyarakat.
1.9.3 Aktivitas dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS dinyatakan dalam SKS rata-rata per semester pada
satu tahun akademik terakhir, diisi dengan
perhitungan sesuai SK Dirjen DIKTI no. 48 tahun 1983 (12 SKS setara dengan 36
jam kerja per minggu)
No.
|
Nama
Dosen Tetap
|
SKS
Pengajaran pada
|
SKS
Pene-litian
|
SKS
Pengab-dian kepada Masya-rakat
|
SKS
Manajemen**
|
Jum-lah SKS
|
||||
PS Sendiri
|
PS lain
PT sen-diri
|
PT lain
|
||||||||
PT sen-diri
|
PT lain
|
|||||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Rata-rata*
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
SKS pengajaran sama dengan SKS mata kuliah
yang diajarkan. Bila dosen mengajar kelas paralel, maka beban SKS pengajaran
untuk satu tambahan kelas paralel adalah 1/2 kali SKS mata kuliah.
*
rata-rata adalah jumlah SKS dibagi dengan jumlah dosen tetap.
** SKS
manajemen dihitung sbb :
Beban kerja manajemen untuk
jabatan-jabatan ini adalah sbb.
- rektor/direktur politeknik 12 SKS
- pembantu rektor/dekan/ketua sekolah
tinggi/direktur akademi 10 SKS
- ketua lembaga/kepala UPT 8 SKS
- pembantu
dekan/ketua jurusan/kepala pusat/ketua senat akademik/ketua senat fakultas 6
SKS
- sekretaris
jurusan/sekretaris pusat/sekretaris senat akademik/sekretaris senat
universitas/ sekretaris senat fakultas/ kepala lab. atau studio/kepala
balai/ketua PS 4 SKS
- sekretaris PS 3 SKS
Bagi PT yang memiliki
struktur organisasi yang berbeda, beban kerja manajemen untuk jabatan baru
disamakan dengan beban kerja jabatan yang setara.
1.9.4 Tuliskan data aktivitas mengajar dosen
tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS, dalam satu tahun akademik terakhir di PS ini
dengan mengikuti format tabel berikut:
No.
|
Nama
Dosen Tetap
|
Bidang Keahlian
|
Kode Mata Kuliah
|
Nama Mata Kuliah
|
Jumlah Kelas
|
Jumlah Pertemuan yang Direncanakan
|
Jumlah Pertemuan yang Dilaksanakan
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
1.9.5
Tuliskan data aktivitas mengajar dosen tetap yang bidang keahliannya di
luar PS,
dalam satu tahun akademik terakhir di PS ini dengan mengikuti format
tabel berikut:
No.
|
Nama
Dosen Tetap
|
Bidang Keahlian
|
Kode Mata Kuliah
|
Nama Mata Kuliah
|
Jumlah Kelas
|
Jumlah Pertemuan yang Direncanakan
|
Jumlah Pertemuan yang Dilaksanakan
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
1.10 Dosen Tidak Tetap
1.10.1 Tuliskan
data dosen tidak tetap pada PS dengan mengikuti format tabel
berikut:
No.
|
Nama Dosen Tidak Tetap(a)
|
NIDN(b)
|
Tgl. Lahir
|
Jabatan Akademik
|
Sertifikat Dosen (Beri Tanda Ö Jika Memiliki)
|
Pendidikan(c)
D4, S1, S2, S3 dan Asal PT
|
Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang
Pendidikan
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(a) Dosen yang telah
memperoleh sertifikat kompetensi/profesi agar diberi tanda (*) dan fotokopi
sertifikatnya agar dilampirkan.
(b) NIDN : Nomor Induk
Dosen Nasional
(c) Lampirkan fotokopi
ijazah.
1.10.2 Tuliskan data aktivitas mengajar dosen tidak tetap pada satu
tahun terakhir di PS ini dengan mengikuti format tabel berikut:
No.
|
Nama
Dosen
Tdk Tetap
|
Bidang Keahlian
|
Kode Mata Kuliah
|
Nama Mata Kuliah
|
Jumlah Kelas
|
Jumlah Pertemuan yang Direnca-nakan
|
Jumlah Pertemuan yang Dilaksa-nakan
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
1.11 Upaya Peningkatan Sumber Daya
Manusia (SDM) dalam Tiga Tahun Terakhir
1.11.1 Kegiatan tenaga ahli/pakar
sebagai pembicara dalam seminar/pelatihan, pembicara tamu, dsb, dari luar PT
sendiri (tidak termasuk dosen tidak tetap)
No.
|
Nama Tenaga Ahli/Pakar
|
Nama dan Judul Kegiatan
|
Waktu Pelaksanaan
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.11.2 Sebutkan pencapaian prestasi/reputasi dosen
(misalnya prestasi dalam pendidikan, penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada
masyarakat).
No.
|
Nama Dosen
|
Prestasi
yang Dicapai*
|
Waktu
Pencapaian
|
Tingkat
(Lokal,
Nasional, Internasional)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
* Sediakan dokumen pendukung pada saat asesmen lapangan.
1.11.3 Sebutkan keikutsertaan dosen tetap dalam
organisasi keilmuan atau organisasi profesi.
No.
|
Nama Dosen
|
Nama
Organisasi Keilmuan atau Organisasi Profesi
|
Kurun
Waktu
|
Tingkat
(Nasional,
Internasional)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.12 Tenaga Kependidikan
1.12.1
Tuliskan data tenaga kependidikan yang
ada di PS yang melayani mahasiswa PS dengan mengikuti format tabel berikut:
No.
|
Jenis Tenaga Kependidikan
|
Jumlah Tenaga Kependidikan dengan
Pendidikan Terakhir
|
Unit Kerja
|
|||||||
S3
|
S2
|
S1
|
D4
|
D3
|
D2
|
D1
|
SMA/SMK
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
(11)
|
1
|
Pustakawan *
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Laboran/ Teknisi/ Analis/
Operator/ Programer
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Tenaga Administrasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Lainnya : …
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
* Hanya yang memiliki pendidikan formal dalam
bidang perpustakaan
LAMPIRAN
: PROFIL MAHASISWA
1.13 Profil Mahasiswa dan Lulusan
1.13.1
Tuliskan data seluruh mahasiswa
reguler(1) dan
lulusannya dalam tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut:
Tahun Akade-mik
|
Daya Tampung
|
Jumlah Calon Mahasiswa Reguler
|
Jumlah Mahasiswa Baru
|
Jumlah Total Mahasiswa
|
Jumlah Lulusan
|
IPK
Lulusan Reguler
|
Persentase Lulusan Reguler
dengan IPK :
|
||||||||
Ikut Seleksi
|
Lulus Seleksi
|
Regular bukan Transfer
|
Transfer(2)
|
Reguler bukan Transfer
|
Transfer(2)
|
Reguler bukan Transfer
|
Transfer(2)
|
Min
|
Rata2
|
Mak
|
< 2,75
|
2,75-3,50
|
> 3,50
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
(11)
|
(12)
|
(13)
|
(14)
|
(15)
|
(16)
|
TS-2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TS-1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
TS:Tahun akademik penuh terakhir saat
pengisian borang
Min: IPK Minimum; Rata2:IPK Rata-rata;
Mak:IPK Maksimum
Catatan:
(1) Mahasiswa program reguler
adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik
kelas pagi, siang, sore, malam, dan di seluruh kampus).
(2) Mahasiswa transfer adalah
mahasiswa yang masuk ke program studi dengan mentransfer mata kuliah yang telah
diperolehnya dari PS lain, baik dari dalam PT maupun luar PT.
1.13.2 Sebutkan pencapaian
prestasi/reputasi mahasiswa dalam tiga tahun terakhir di bidang akademik dan
non-akademik (misalnya prestasi dalam penelitian dan lomba karya ilmiah,
olahraga, dan seni).
No.
|
Nama Prestasi/Penghargaan/Kegiatan
dan Waktu Penyelenggaraan
|
Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional,
atau Internasional)
|
Prestasi yang Dicapai
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.13.3 Tuliskan data jumlah
mahasiswa regular tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut:
Diisi oleh
PS D2
Tahun Masuk
|
Jumlah Mahasiswa Reguler per Angkatan pada
Tahun*
|
Jumlah Lulusan s.d. TS
(dari Mahasiswa Reguler)
|
||
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
TS-2
|
(a)=
|
|
(b)=
|
(c)=
|
TS-1
|
|
(d)=
|
(e)=
|
(f)=
|
TS
|
|
|
|
|
* Tidak memasukkan mahasiswa transfer.
Catatan : huruf-huruf a, b, c, d, e dan
f harus tetap tercantum pada tabel di atas.
1.14 Layanan kepada Mahasiswa
Lengkapilah tabel
berikut untuk setiap jenis pelayanan kepada mahasiswa PS.
No.
|
Jenis
Pelayanan kepada Mahasiswa
|
Bentuk
Kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
1
|
Bimbingan dan konseling
|
|
2
|
Minat dan bakat (ekstra
kurikuler)
|
|
3
|
Pembinaan soft skills
|
|
4
|
Beasiswa
|
|
5
|
Kesehatan
|
|
1.15 Jelaskan usaha-usaha program studi/jurusan
mencarikan tempat kerja bagi lulusannya dalam hal:
No.
|
Jenis Upaya
|
Keterangan (Jelaskan lembaga, waktu
pelaksanaan, pihak yang diundang, atau bentuk kerjasama)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
1
|
Memberikan informasi tentang kesempatan bekerja di
berbagai instansi pemerintah/ swasta kepada mahasiswa/ lulusan.
|
|
2
|
Membentuk wadah untuk mengumpulkan informasi tentang
kesempatan kerja dan membantu lulusan memperoleh pekerjaan (job placement center).
|
|
3
|
Mengundang pihak yang memerlukan tenaga lulusan ke
kampus untuk memberi penjelasan tentang kesempatan kerja.
|
|
4
|
Menawarkan kepada pihak-pihak
yang dianggap memerlukan tenaga lulusan.
|
|
5
|
Kerja sama antara program studi/ jurusan dengan pihak
pengguna lulusan.
|
|
1.16 Evaluasi Lulusan
1.16.1 Hasil studi pelacakan dirangkum dalam tabel
berikut:
No.
|
Jenis Kemampuan
|
Tanggapan Pihak Pengguna
|
Rencana Tindak Lanjut oleh Program Studi
|
|||
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|||
(%)
|
(%)
|
(%)
|
(%)
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1
|
Integritas (etika dan moral)
|
|
|
|
|
|
2
|
Keahlian berdasarkan bidang
ilmu (kompetensi utama)
|
|
|
|
|
|
3
|
Bahasa Inggris
|
|
|
|
|
|
4
|
Penggunaan teknologi informasi
|
|
|
|
|
|
5
|
Komunikasi
|
|
|
|
|
|
6
|
Kerjasama tim
|
|
|
|
|
|
7
|
Pengembangan diri
|
|
|
|
|
|
Total
|
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
|
Catatan : Sediakan dokumen pendukung pada saat asesmen
lapangan.
(*) persentase tanggapan pihak pengguna
terhadap alumni pada peringkat = [(jumlah tanggapan pada peringkat) : (jumlah
tanggapan yang ada)] x 100
1.16.5 lembaga (instansi/industri) yang
memesan lulusan untuk bekerja di lembaga
tersebut dalam tiga tahun terakhir
Tahun
|
Jumlah Lulusan yang Diwisuda pada
|
Nama Lembaga (Instansi/Industri)
|
Jumlah Lulusan yang Dipesan dan Diterima
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
TS-2
|
|
1.
2.
dst.
|
|
TS-1
|
|
1.
2.
dst.
|
|
TS
|
|
1.
2.
dst.
|
|
Total
|
|
|
|
LAMPIRAN:KURIKULUM, PEMBELAJARAN, DAN SUASANA AKADEMIK
1.18 Tuliskan hasil peninjauan, khusus untuk
silabus/SAP mata kuliah mengikuti format tabel berikut.
No.
|
No. MK
|
Nama MK
|
MK
Baru/
Lama/Hapus
|
Perubahan pada
|
Alasan Peninjauan
|
Atas usulan/ masukan dari
|
Berlaku mulai Sem./Th.
|
|
Silabus/SAP
|
Buku Ajar
|
|||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.19 Sistem
Pembimbingan Akademik
1.19.1 Tuliskan nama dosen pembimbing akademik /wali dan jumlah mahasiswa
yang dibimbingnya dengan mengikuti format tabel berikut:
No
|
Nama Dosen Pembimbing Akademik/Wali
|
Jumlah Mahasiswa Bimbingan
|
Rata-rata Banyaknya
Pertemuan/mhs/semester
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
1.19.2 Jelaskan proses pembimbingan akademik yang diterapkan pada Program Studi ini dalam
hal-hal berikut:
No
|
Hal
|
Penjelasan
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
1
|
Tujuan pembimbingan
|
|
2
|
Pelaksanaan pembimbingan
|
|
3
|
Masalah yang dibicarakan dalam pembimbingan
|
|
4
|
Kesulitan dalam pembimbingan dan upaya untuk
mengatasinya
|
|
5
|
Manfaat yang diperoleh mahasiswa dari pembimbingan
|
|
1.20 Tuliskan
nama-nama dosen yang menjadi pembimbing karya/tugas/laporan akhir, dan jumlah
mahasiswa bimbingannya dengan mengikuti
format tabel berikut:
No
|
Nama Dosen Pembimbing
|
Jumlah Mahasiswa
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.21 Upaya Perbaikan Pembelajaran
Uraikan upaya perbaikan
pembelajaran serta hasil yang telahdilakukan
dan dicapai dalam dua tahun terakhir dan hasilnya.
Butir
|
Upaya Perbaikan
|
|
Tindakan
|
Hasil
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
Materi
|
|
|
Metode Pembelajaran
|
|
|
Penggunaan Teknologi Pembelajaran
|
|
|
Cara-cara evaluasi
|
|
|
…..
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar